Mentari dari Turki : Kontribusi Nyata Diaspora untuk Indonesia

Sumber : Dokumentasi PPI Turki


Mahasiswa mana yang tidak ingin memberikan kontribusi untuk bangsanya, terutama yang melanglang buana menjelajah khazanah ilmu pengetahuan hingga negara Turki. Negara yang menjadi destinasi pariwisata dan tempat belajar terkemuka bagi para mahasiswa saat ini. Turki memang negara dengan seribu daya tarik, namun hal ini tidak menghilangkan kecintaan kita kepada tanah air tercinta, Indonesia. Salah satu bentuk kontribusi yang diwujudkan oleh para diaspora muda di Turki yaitu dengan kontribusi nyata. "Maka, kontribusi apa yang diberikan oleh diaspora di Turki untuk Indonesia?"


Salah satu perkumpulan diaspora muda, PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Turki, merancang sebuah program yang menjembatani seluruh diaspora muda di Turki untuk ikut serta dalam hal pendidikan, ekonomi, pariwisata maupun kesehatan. Kegiatan ini bernama “Mentari dari Turki” dan sudah diadakan sejak tahun 2016. Kegiatan ini didasari oleh rasa kepedulian terhadap bangsa dan negara guna mengimplementasikan program kemasyarakatan secara langsung dengan membangun sebuah “Desa Binaan PPI Turki” sebagai bakti kita pelajar Indonesia di Turki untuk mengabdi pada negeri tercinta. Bahkan sampai saat ini, Mentari dari Turki merupakan acara tahunan yang fokus berkontribusi untuk desa serta masyarakat tertinggal di Indonesia.


Acara ini diprakarsai secara khusus oleh Departemen Sosial Pengabdian Masyarakat (SPM). Kepanitian Mentari dari Turki tidak hanya berasal dari Badan Pengurus Harian PPI Turki, akan tetapi seluruh pelajar Indonesia di Turki dapat mengikuti open recruitment dalam program penyelenggaraan acara ini. Adapun untuk tahun ini, sejak tanggal diumumkan hasil seleksi, sudah terbentuk kepanitiaan dengan berjumlah 45 anggota yang terbagi dalam 7 divisi, diantaranya divisi kreatif, divisi acara, divisi pendanaan, divisi humas, divisi konsumsi, divisi logistik, dan divisi media. Kepanitian ini dinaungi oleh ketua dan wakil ketua PPI Turki serta anggota Departemen SPM sebagai steering committee.


Sebelum berlangsungnya acara, setiap tahun panitia Mentari dari Turki mengadakan “Sayembara Desa” untuk mengajukan desa yang memenuhi kriteria program tersebut dan sekiranya layak membutuhkan bantuan melalui para panitia Mentari dari Turki. “Sayembara Desa“ ini berlangsung di instagram @mentaridariturki pada tanggal 19 sampai 22 April 2021. Sebulan setelah sayembara dilaksanakan, para panitia telah mengumumkan desa yang akan dituju. Desa yang dimaksud adalah Desa Buku Limau yang terletak di Kecamatan manggar, Kabupaten Belitung Timur. Desa ini terkenal memiliki potensi dalam aspek hasil laut yang melimpah dengan penghasilan utama mayoritas penduduknya menjadi nelayan. Namun, pendidikan masyarakat yang terdapat di Desa Buku Limau masih terbilang kurang, dengan mayoritas masyarakatnya belum lulus SD, sedangkan jumlah S1 hanya 2 orang. Bahkan hampir 245 penduduknya tidak bersekolah.


Para panitia telah berkoordinasi dengan pemerintahan setempat dan melakukan survey lapangan sebelumnya. Setelah menimbang dan mengkaji kebutuhan masyarakat Desa Buku Limau, para panitia merancang program unggulan yang berguna bagi masyarakat, diantaranya mengajar anak-anak, mengedukasi para pemuda untuk memiliki keinginan pendidikan jauh lebih tinggi, mengadakan bakti sosial dan mengadakan pembangunan di desa buku Limau. Acara ini akan dilaksanakan secara langsung di tempat tersebut. Namun, melihat keadaan Indonesia yang masih berkutat pada pandemi dengan program “Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat“ oleh pemerintahan menjadi salah satu faktor tertundanya acara Mentari dari Turki. Di sisi lain, para panitia telah mengambil langkah antisipasi jika acara ini tidak bisa dilaksanakan secara langsung, yaitu dengan daring. “Desa Buku Limau memang memiliki kendala akses internet. Namun, kami memiliki solusi untuk membangun tower internet guna mempermudah sistem daring.” tutur Haqiqul Rezkyanta selaku kepala Departemen SPM dan steering committee Mentari dari Turki 2021.


Kegiatan yang bermanfaat ini sangat sayang bila kita lewatkan. Maka dari itu, kita bisa ikut berkontribusi dari hal kecil yang dapat mempermudah berlangsungnya acara Mentari dari Turki, salah satunya dengan donasi. Panitia membuka donasi bagi masyarakat umum yang berkenan menjadi donatur terselenggaranya acara ini. Bagi kawan-kawan yang ingin berdonasi dapat langsung diakses di instagram @mentaridariturki. Harapan kedepannya kegiatan Mentari Dari Turki bisa berlangsung dengan lancar dan tanpa kendala.


Reporter : Ahmed Zein dan Nadia Alifia Murtafi’ah


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak