Kuliah di Ibukota Turki, Ada Apa Saja Sih?

 


Anıtkabir Atatürk Museum Ankara, Turkey by fraormequi

Selain menjadi destinasi wisata sejarah dan religi, Turki juga kerap menjadi negara yang banyak diminati para pelajar untuk melanjutkan studinya, dari jenjang SMA hingga perguruan tinggi. Mempunyai fasilitas pendidikan yang cukup lengkap, juga persayaratan yang tidak begitu sulit  yang beberapanya memiliki sistem pembelajaran berstandar Eropa,  tiga di antara alasan para pelajar berbondong-bondong pergi ke Turki. Beberapa kota yang ramai para pelajar asing di antaranya; Istanbul, Ankara, Izmir dan Konya.  Di tulisan kali ini, aku akan mengulas sedikit tentang kuliah di kampusku yang tepatnya berada di Ibukota turki, Ankara.

Ankara merupakan ibu kota di negara Turki sejak tahun 1923, menggantikan Konstantinopel atau Istanbul. Tentunya, Ankara juga mempunyai banyak pilihan universitas terbaik di Turki. Di antaranya, Orta DoÄŸu Teknik University, Ankara University, Hacettepe University, Gazi university, Bilkent University, Ankara Yildirim Beyazit University dan lain-lain.

Sekarang aku berkuliah di Ankara Yildirim Beyazit University semester dua secara garis besarnya untuk biaya hidup di Ankara cukup mahal dibandingkan dengan kota lain seperti Kayseri, Bandirma, Konya salah satu faktornya karena Ankara kota metropolitan dan pusat pemerintahan Turki . Namun, di setiap kota di Turki tak terkecuali Ankara ada kebijakan pemotongan harga khusus untuk pelajar dalam pemakaian transportasi dan ruang sosial seperti museum.

Dengan menggunakan Öğrenci Kart ( kartu transportasi khusus pelajar) yang di mana kita para pelajar, akan mendapatkan tarif yang lebih murah yaitu  (3,5 TL) dibandingkan dengan tarif normal (6,5 TL), kalian juga bisa loh menggunakan sistem abonman ( sistem sekali bayar) dengan cukup membayar (90 TL), kalian bisa mengenakan 225 kali selama satu bulan.

Untuk mahasiswa Yildirim Beyazit sendiri juga memiliki service bus karena untuk menempuh perjalanan menuju kampus sekitar 50-60 menit tetapi jika menggunakan service bus kampus hanya memerlukan 30-45 menit, service bus hanya untuk mahasiswa yang berkuliah di daerah Esenboğa karena kampus mempunyai beberapa gedung diantaranya Etlik untuk fakultas teknik dan kelas bahasa, Bilkent untuk fakultas kedokteran dan Esenboğa untuk fakultas ekonomi & bisnis dan lain-lainya, Çubuk untuk fakultas olahraga seperti berkuda.

Yildırım Beyazit Universirty atau biasa disingkat AYBU  merupakan salah satu universitas yang masih tergolong baru yang  didirikan pada 2010 lalu. Akan tetapi untuk akreditasi universitas ini sangat baik di Turki karena mereka mempunyai banyak mahasiswa asing dan kualitas dosen yang tak perlu diragukan lagi, contohnya, para pengajar juga merupakan lulusan universitas terbaik di Turki dan luar Turki seperti Amerika, Inggris, Jerman dan lainnya

 

Yıldırım Beyazit University Ankara, Turkey
Yıldırım Beyazit University Ankara, Turkey

Proses pendaftaran di kampus AYBU kurang lebih sama seperti kampus di Turki pada umumnya, yang membedakan, jika kalian telah diterima oleh pihak kampus kalian akan melakukan placement test yaitu kalian akan melakukan ujian kemampuan bahasa Inggris, yang diujikan berupa grammar dengan minimal nilai tujuh puluh lima, jika kalian kurang dari itu maka kalian akan dimasukan ke kelas matrikulasi bahasa sesuai dengan nilai kalian. Akan tetapi, jika kalian berhasil melakukan placement test kalian akan menghadapi ujian lagi yaitu AGE exam.

AGE exam adalah ujian akhir sebelum memasuki dunia perkuliahan yang sesungguhnya mater-materi yang diujikan berupa listening, reading, writing, speaking dengan minimal nilai tujuh puluh. Jika kalian berhasil, maka kalian akan memulai kegiatan perkuliahan dengan masing-masing jurusan. Namun, jika kalian tidak berhasil kalian akan wajib mengikuti musim depan karena ujian ini bersifat wajib untuk yang memilih dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Tentunya, kalian juga tak perlu sedih seandainya belum berhasil menghadapi ujian AGE exam, kalian akan mengikuti kelas bahasa dan kalian akan dibimbing oleh para pengajar yang luar biasa. Percayalah, usaha tidak akan mengkhianati hasil karena saya sendiri pernah gagal dalam AGE exam dua kali. Meskipun begitu saya tidak patah semangat untuk memasuki universitas ini sehingga saya berhasil menjadi mahasiswa AYBU seperti sekarang.

Di  AYBU juga  mempunyai fasilitas yang sangat lengkap di antaranya, kalian bisa melepas penat dengan bermain beberapa permainan yang disediakan; billiard dan tenis meja dan fasilitas umum lainnya seperti, perpustakan kampus yang  nyaman  dan fasilitas wifi di setiap lorongnya, kalian juga bisa menikmati pemandangan gurun di taman.

Tak hanya itu, universitas juga mempunyai banyak klub untuk mengembangkan bakat-bakat mahasiswa seperti theater, dance, bahasa, olahraga, travelling maupun pencinta hewan dan lain-lainnya, kalian juga bisa menampilkan bakat kalian di acara festival kampus pada setiap tahunnya.  Jika kalian tertarik untuk berkuliah di AYBU bisa dikunjungi website resmi kampus ini https://aybu.edu.tr/.

 

Penulis: Nailah Sayidatul Umil (Penulis Konstantinesia)

Editor: Salsabila Amalia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak