Mengenal Kudapan Unik Khas Turki

     Per Desember 2021 pelajar Indonesia di Turki mencapai 2573 (Sumber: https://turki.ppi.id/) dan tersebar di berbagai wilayah. Melihat kenaikan intensitas pelajar Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya membuat saya tertarik untuk mengulas beberapa makanan atau kudapan unik yang hanya bisa ditemui di Turki, pastinya. Di bulan September- Oktober adalah bulan dimulainya tahun ajaran baru, biasanya kami menyebutnya dengan güz yarıyıl dönemi (Semester musim gugur).

Oleh karena beberapa bulan lagi para pelajar-pelajar baru akan berdatangan rasanya makanan menjadi satu aspek penting, pasalnya hal tersebut termasuk kebutuhan pokok (Primer)  namun apa jadinya jika makanan yang akan kita santap belum pernah kita coba dan ketahui sebelumnya? Penasaran dan agak takut karena rasanya yang di luar dugaan mungkin kira-kira itu yang kita pikirkan, dari pada makin penasaran berikut makanan-makanan yang menurut saya unik dan wajib kalian ketahui ketika sampai di Turki, check it out!!


1. ÇiÄŸköfte 

Çiğköfte
Çiğköfte adalah makanan yang berasal dari kota Şanlı urfa, kota kecil di timur Turki. Memiliki bahan dasar daging mentah dan bulgur lalu bumbu pedas khusus yang disebut dengan istilah isot mentah. Çiğköfte memiliki beberapa cara makan yang pertama ambil dagingnya yang berbentuk sedikit seperti kepalan tangan dibungkus lalu lapisi dengan kubis setelahnya tambahkan perasan lemon dan jika suka, kita juga bisa menambahkan saus yang terbuat dari buah delima kepada adonan Çiğköfte tersebut. Cara yang kedua adalah masukkan kubis yang telah dipotong ke dalam adonan Çiğköfte lalu dilapisi oleh lavaş (semacam kulit kebap atau lumpia di Indonesia). Çiğköfte bisa dijumpai hampir di semua kota di Turki, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.


2. Ayran

Ayran atau biasa disebut dengan yogurt asin oleh mahasiswa Indonesia. Ayran sendiri dapat ditemukan di banyak tempat, contohnya di berbagai minimarket, kios dan di restoran atau rumah makan khas Turki. Namun, banyak mahasiswa Indonesia yang kurang menyukai ayran, karena menurut mereka minuman ini memiliki rasa yang aneh. Ayran sendiri terbuat dari yogurt dan garam selebihnya bisa ditambahkan air atau bisa juga ditambahkan dengan perasan lemon agar memiliki rasa yang lebih segar


3. Kököreç

Kököreç adalah makanan yang berasal dari usus, baik sapi ataupun kambing. Kemudian dimasak dengan cara digulung hıngga menyerupai sosis berukuran besar. Lalu dibakar dengan cara diputar di atas arang. Setelahnya daging tersebut akan dicacah dan dimasukkan kedalam roti keras. Alasan orang Indonesia tidak menyukai kököreç sendiri adalah karena memiliki bau kambing  yang sangat kuat tapi jika kamu bisa menemukan restoran yang tepat kamu akan menemukan kököreç yang akan cocok dengan lidah kamu.


Dari banyaknya keunikan kudapan khas Turki, tiga kudapan yang saya sebut di atas merupakan  yang menjadi ikonik dan juga aneh bagi lidah beberapa mahasiswa Indonesia yang tinggal di sini. Jadi, bagi kalian yang akan datang ke Turki entah untuk melanjutkan pendidikan atau berwisata, jangan lupa untuk mencoba kudapan-kudapan khas Turki terutama yang sudah saya sebutkan di atas, tapi jangan berekspetasi lebih dengan rasanya yang sangat jauh kalau dibandingkan dengan soto ayam, rendang dan sejenisnya, paling tidak bukan hanya soal memenuhi isi perut atau rasa penasaran tapi juga menambah pengalaman akan cita rasa makanan yang ada di dunia. 


Penulis: Shofie Galuh A (Reporter Konstantinesia)

Editor: M. Rangga Argadinata dan Salsabila A.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak