Kiat Sebelum Memutuskan Kuliah di Turki

Sumber : https://newseu.cgtn.com/news/2023-02-06/T-rkiye-arrests-group-linked-to-ISIS-suspected-of-terror-attack-1hbD8ks10as/index.html

        Selain menjadi destinasi untuk berlibur dan berwisata, nyatanya Turki kerap menjadi salah satu tujuan untuk mengenyam pendidikan. Tampaknya, Turki memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak mahasiswa asing, khususnya mahasiswa Indonesia, untuk melanjutkan studi mereka. Selain memiliki pendidikan berstandar Eropa, negara dua benua ini memiliki pesona yang sangat indah sehingga menarik banyak turis serta pelajar asing dari luar negara Turki. Untuk itu, apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk kuliah di Turki?

1. Luruskan niat


Photo by Yosef Futsum on Unsplash

        Banyak dari calon mahasiswa kuliah di Turki hanya untuk kepentingan feed atau bahkan story instagram saja tanpa memikirkan matang-matang masa depan yang akan ditujunya nanti. Jadi, alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk kuliah di Turki, luruskan niat terlebih dahulu; “Apa saja tujuan saya belajar ke Turki?” “Apa saja yang akan saya dapatkan ketika memutuskan untuk belajar di Turki?” “Mampukah saya berkomitmen untuk menyelesaikan studi?” Karena tidak sedikit mahasiswa yang kembali lagi ke tanah air dengan alasan yang sepele seperti bosan, bahasa yang sulit, atau rindu dengan keluarga. Hal ini terjadi karena ketidak-kokohan pondasi niat dalam diri ketika memutuskan akan melanjutkan pendidikan di negeri dua benua ini.

2. Tentukan universitas yang akan dituju


Sumber: https://famayegitim.com/sat-sinavi-ile-turkiyede-alim-yapan-universiteler/

        Sebelum mengenyam pendidikan di Turki, apalagi pada level perguruan tinggi, hendaknya kalian menentukan universitas mana yang akan kalian percayai untuk menjadi wadah dalam melanjutkan pendidikan. Maka dari itu, riset universitas adalah hal yang sangat penting. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengunjungi website resmi kampus-kampus yang ada di Turki, seperti pada website Ä°stanbul Ãœniversitesi – www.istanbul.edu.tr –  yang memberikan informasi mengenai akreditasi universitas, fakultas, jurusan, program pertukaran pelajar, fasilitas kampus,  kalender akademik, sampai informasi tentang dosen pengajar. Hal seperti ini tentu akan sangat memudahkan para calon pelajar internasional agar dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memaksimalkan pengalaman kuliah di Turki ke depannya.  

3. Bahasa


        Secara geografis, karena letaknya yang berdekatan dengan negara Timur Tengah, membuat banyak orang berasumsi bahwa Turki juga menggunakan bahasa Arab dalam kesehariannya maupun dalam dunia pendidikan. Terlebih lagi, hal ini juga didukung oleh catatan sejarah Turki yang terkenal sebagai salah satu dinasti Islam yang jaya, tapi apakah benar bahwa Turki menggunakan bahasa Arab? 

        Faktanya, Turki sendiri menggunakan huruf Arab hingga masa Dinasti Utsmaniyyah, tapi bukan karena menggunakan huruf Arab berarti Turki berbahasa Arab. Bahasa yang mereka gunakan tetaplah bahasa Turki, hanya saja dalam bentuk tulisan Arab. Tulisan ini dikenal dengan Osmanlıca atau bahasa Turki Utsmaniyah, seperti halnya Indonesia yang juga memiliki bahasa Arab Melayu, tapi kalimat-kalimat yang digunakan adalah kalimat dengan bahasa Indonesia. Namun seiring berjalannya zaman, tepatnya pada tahun 1928 di masa Reformasi Atatürk, Presiden pertama Republik Turki itu, mengubah Osmanlıca menjadi alfabet Turki atau Türkçe Alfabesi yang diyakini bahwa Turki nantinya akan maju seperti negara-negara eropa yang lainnya, dengan menggunakan tulisan latin.

        Türkçe atau bahasa Turki inilah yang menjadi bahasa nasional warga negara Turki. Bahasa Turki merupakan bahasa yang kaya akan atribut serta harmonisasi vokal yang tidak biasa, sebagai orang Indonesia yang mengenyam pendidikan di Turki, saya merasa bahwa bahasa Turki merupakan bahasa yang cukup sulit tapi masuk akal. Jadi, alangkah baiknya jika kalian, para calon pelajar, mempelajari sedikit basic tentang bahasa Turki. Meski demikian, jika kalian tertarik untuk mengenyam pendidikan di Turki dengan bahasa Inggris, kalian bisa mengambil jurusan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, seperti sastra inggris, hubungan internasional, dan teknik. Namun, riset universitas tetap diperlukan untuk mengetahui universitas mana saja yang menyediakan jurusan ini, karena tidak semua universitas di Turki memfasilitasi jurusan ini dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

4. Mencari Informasi dari PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia)


Sumber: turki.ppi.id

        PPI atau Perhimpunan Pelajar Indonesia merupakan organisasi yang dibuat oleh mahasiswa Indonesia yang mengemban ilmu di luar negeri untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Indonesia di luar negeri. Organisasi ini juga menjadi wadah dalam mempromosikan aspek budaya Indonesia kepada khalayak Internasional. Selain itu, PPI juga memiliki peran yang penting dalam membantu mahasiswa Indonesia, yang akan melanjutkan studinya di luar negeri, dalam beradaptasi dengan lingkungan baru nantinya.

        Di Turki, PPI menjadi organisasi yang penting bagi mahasiswa Indonesia. Selain bisa membantumu dalam hal administrasi dan akademik, PPI juga memberikan dukungan sosial maupun emosional bagi mahasiswa Indonesia yang tinggal jauh dari keluarga serta teman-teman Indonesia. Jadi, jangan takut kesepian ya! PPI juga menjembatani mahasiswa Indonesia dengan masyarakat Turki, seperti halnya ketika dilanda masalah administrasi, tentunya para anggota PPI dapat membantu kalian dalam menyelesaikan masalah.

        PPI Turki dan beberapa PPI Wilayah lainnya memiliki hotline yang bisa dihubungi untuk mengetahui informasi mengenai kampus, tempat tinggal atau apapun itu yang berkaitan dengan informasi kota yang mau dituju.

        Nah itulah beberapa kiat sebelum memutuskan untuk kuliah di negeri dua benua ini. Jangan terlalu gegabah dan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Karena sejatinya bukan tentang di mana kamu belajar, tapi bagaimana kamu mempersiapkan dan berusaha dalam proses kegiatan belajar nantinya.


Penulis: Mirta Mukharomah
Editor: Baira Rahayu


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak