Mengenal Dua Universitas di Kota Sufi Konya

Sumber : https://www.toursflame.com/

        Turki merupakan negara yang kaya akan budaya dan memiliki sejarah yang beragam mengenai peradaban Islam di dunia. Setiap kota di Turki memiliki sejarah dan daya tariknya sendiri. Selain itu, Turki juga sangat memperhatikan kualitas pendidikan dengan sistem pendidikan yang terstruktur dengan baik. Tak heran jika banyak mahasiswa asing yang datang dari berbagai negara untuk menimba ilmu di Turki. 

        Konya adalah satu diantara tujuan pendidikan favorit mahasiswa Internasional. Kota yang terletak 250 km dari ibu kota Ankara ini, dulunya adalah ibu kota dari Kesultanan Seljuk dan tempat berpulangnya seorang Maulana Jalaluddin Rumi. Suasana kota yang religius dan menentramkan hati. Seperti itulah yang bisa dibayangkan dari Konya.

        Dapat dikatakan bahwa Konya adalah kota yang ramah terhadap para pelajar karena Konya menyediakan fasilitas transportasi dan biaya hidup yang relatif lebih murah dibandingkan dengan kota-kota lain.

        Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas dua universitas yang memiliki ciri khas sejarah dan nilai-nilai Islam yang masih terjaga hingga saat ini, yaitu Universitas Necmettin Erbakan dan Universitas Selcuk. 


Sumber : https://abcfuture.com.tr/

      Universitas pertama yang akan dibahas adalah Universitas Necmettin Erbakan , yang biasa disingkat NEÃœ. Pada mulanya, universitas ini bernama Universitas Konya yang didirikan pada tahun 2010. Kemudian pada tahun 2012, nama universitas ini diubah menjadi Universitas Necmettin Erbakan. Pada tahun yang sama, didirikan pula Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Seni Rupa, Fakultas Ilmu Kesehatan, Institut Ilmu Kesehatan, Konservatorium Musik Negara Turki, dan Sekolah Ilmu Terapan. Meskipun universitas ini terbilang muda, namun NEÃœ memiliki sejarah ilmiah yang kuat dan menyediakan pendidikan di berbagai departemen dan bidang untuk membangun masa depan dengan cara yang bersifat spiritual dan bermoral.

NEÜ memiliki 20 jurusan yang tersebar di Fakultas Pendidikan, Fakultas Teologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik dan Arsitektur. Selain itu, universitas ini juga memiliki 8 sekolah kejuruan, 28 pusat penelitian, 4 institut (Institut Ilmu Pendidikan, Institut Sains, Institut Ilmu Kesehatan, dan Institut Ilmu Sosial), 1 sekolah bahasa Turki, dan 1 Konservatorium Musik Turki. NEÜ juga menyediakan program sarjana dan perlindungan. Saat ini, NEÜ memiliki sekitar 35.171 siswa dan sekitar 1.700 staf akademik dan pendukung. Berkenaan dengan biaya kuliah, NEÜ berkisar antara satu juta hingga enam belas juta rupiah per semester.


Di samping pendidikan, NEÜ juga menyediakan fasilitas olahraga, perpustakaan kampus yang ditata dengan baik dan bersih, serta auditorium yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan aspek sosial mereka. Mahasiswa didorong untuk berpartisipasi dalam kegiatan magang dan penempatan kerja untuk mendapatkan wawasan tentang bidang tertentu. Sebagai salah satu fasilitas kegiatan magang, universitas ini telah menjalin kemitraan dengan industri di berbagai bidang yang mendukung akademik dan ilmiah.


        Bagaimana dengan persyaratan pendaftaran untuk mahasiswa asing di NEÃœ? Berdasarkan website resmi ( erbakan.edu.tr ), Universitas Necmettin Erbakan mengadakan ujian NEÃœYÖS khusus untuk mahasiswa asing. Peserta yang berhasil dalam ujian ini dapat dinyatakan lolos ke NEÃœ. Peserta juga diminta untuk menyerahkan ijazah Sekolah Menengah Atas yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Turki. Selain melalui ujian NEÃœYÖS, NEÃœ juga menerima mahasiswa dengan syarat skor minimal 1000 dalam ujian SAT1, skor minimal 600 dalam ujian SAT2, dan skor 21 dalam ujian ACT. Selanjutnya, beberapa dokumen tambahan seperti paspor, tanda terima pembayaran pajak, serta foto juga diperlukan untuk pendaftaran.

Sumber : https://mezun.selcuk.edu.tr/

        Bergeser sedikit dari NEÃœ, mari membahas Universitas Selcuk. Universitas yang didirikan pada tahun 1975 ini berlokasi tidak jauh dari NEÃœ. Universitas Selcuk termasuk ke dalam 1000 universitas terbaik di dunia dan menjadi salah satu destinasi kuliah yang paling diminati oleh mahasiswa asing di Turki.

        Saat ini Universitas Selcuk memiliki 23 Fakultas, 6 Institut, 6 Sekolah Tinggi, 22 sekolah kejuruan, dan 25 pusat penelitian dan aplikasi. Jumlah mahasiswa di Universitas Selcuk sekitar 85.000 orang, terdiri dari mahasiswa Turki dan mahasiswa dari berbagai negara. 

        Universitas Selcuk sendiri merupakan universitas terbesar di Turki dan termasuk universitas papan atas. Dalam segi fasilitas pendukung, kampus ini memiliki banyak kafe dan fasilitas olahraga yang lengkap (lapangan berbagai cabang olahraga, kolam renang, dan ruang gym). Selain itu, kantin-kantin di universitas ini harganya ramah untuk kantong. Saat musim panas, kampus mengagendakan berbagai kegiatan yang selain seru, juga produktif. 

        Selain fasilitas olahraganya yang menarik perhatian, Universitas Selcuk juga menawarkan fasilitas teknologi untuk para dosen dan mahasiswa. Saat ini, setidaknya ada sekitar 9.000 komputer dan 150 komputer laboratorium. Kecepatan koneksi internet juga telah ditingkatkan menjadi 46 MBit, sehingga memberikan kesempatan bagi instruktur dan mahasiswa untuk memanfaatkan internet secara optimal. Universitas Selcuk telah membuktikan kemajuannya di bidang teknologi komputer dengan menjual program-program yang telah dikembangkan kepada lembaga publik yang membutuhkannya.

        Di sisi lain, Universitas Selcuk juga memiliki dua pusat konseling kesehatan dan psikologis untuk para mahasiswa. Pusat kesehatan ini dilengkapi dengan dua dokter spesialis, satu dokter gigi, satu psikolog, dan dua teknisi yang siap melayani.

        Suasana di Universitas Selcuk sangat menyenangkan, dengan banyaknya pepohonan hijau yang rimbun, udara sekitar terasa sejuk dan segar. Tempat sampah yang terletak di setiap ruangan serta kedisiplinan membuang sampah pada tempatnya, memungkinkan halaman universitas terlihat sangat bersih setiap hari. Oleh karena itu, dengan suasana dan fasilitas yang memadai, mahasiswa menjadi lebih semangat dalam belajar setiap hari.

        Untuk menunjang kehidupan mahasiswa, universitas ini juga menyediakan asrama mahasiswa yang dilengkapi dengan fasilitas komplit (fasilitas olahraga, kolam renang, ruang belajar modern, dan kafetaria). Terdapat sekitar 2.250 mahasiswa yang tinggal di Asrama Mahasiswa milik universitas dengan jumlah perempuan dan laki-laki yang seimbang. 

        Secara keseluruhan, Konya menawarkan lingkungan yang kaya akan sejarah, budaya, dan nilai-nilai Islam yang kuat. Universitas Necmettin Erbakan dan Universitas Selcuk merupakan dua institusi pendidikan terkemuka di kota ini yang memperkuat komitmen mereka terhadap pendidikan berkualitas tinggi dengan pendekatan yang spiritual dan bermoral. Dengan lingkungan yang kaya dan beragam, mahasiswa asing, termasuk mahasiswa Indonesia, memiliki kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan mereka dan merasakan kehidupan akademik yang unik di Konya seperti; menjalin hubungan dengan rekan-rekan internasional, mempelajari budaya Turki yang kaya, serta mendapatkan pengalaman belajar yang melimpah. 

        Karena itu, bagi mereka yang tertarik untuk menjelajahi kekayaan budaya, sejarah, dan nilai-nilai Islam yang diwariskan di Turki, Konya dengan Universitas Necmettin Erbakan dan Universitas Selçuk-nya menjadi pilihan yang menarik untuk mengejar pendidikan tinggi yang berkualitas.



Penulis: Annisa Epriliana Putri
Editor: Baira Rahayu



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak