Mengenal Anadolu Üniversitesi Açıköğretim Fakültesi: Pelopor Sistem Open Education di Turki

Sumber: 21kschool.com

    
    Artikel kali membahas salah satu topik menarik terkait program Açıköğretim atau Open Education yang banyak digandrungi oleh mahasiswa yang mencari sistem pendidikan fleksibel dan berkualitas. Program ini juga banyak digandrungi mahasiswa Indonesia, terutama yang berminat untuk mendapatkan dual degree. Yuk, Baca sampai tuntas ya~

        Anadolu Üniversitesi merupakan salah satu kampus tertua dan terkemuka di Turki yang didirikan pada tahun 1958. Pada tahun 1982, Universitas yang terletak di kota Eskişehir ini membuat terobosan dengan mendirikan Anadolu University of Open Education Department (Açıköğretim Fakültesi) yang menjadi pelopor adanya Universitas Terbuka di Turki. Departemen ini mengusung misi memberikan kesempatan yang sama untuk semua orang dalam mengenyam pendidikan tinggi. Anadolu Açıköğretim Fakültesi –disingkat AÖF– diharapkan menjadi solusi bagi banyak orang untuk mengenyam pendidikan secara fleksibel dan berkualitas, terutama bagi mereka yang terhalang jarak maupun waktu. Selain itu, AÖF juga ditujukan untuk membantu para disabilitas agar bisa berkuliah tanpa harus bersusah payah ke kampus dan tinggal jauh dari keluarga.

        Dalam perkembangannya, pada tahun 1987 di bawah nama Western Europe Project, AÖF mulai menawarkan program ini untuk warga negara Turki yang tinggal di Eropa. Kemudian pada tahun 1993, dengan UU no. 496 yang mewajibkan program Open Education menyediakan berbagai layanan pendidikan —seperti buku, konsultasi akademik, ujian, dan segala macam yang berkaitan dengan kemahasiswaan, AÖF mulai direkonstuksi dan dikembangkan. Hasilnya, pada tahun 1994 sistem e-learning pun dimulai. Lalu, pada rentang tahun 1993-1997, 17 Program Associate Degree mulai dikembangkan di bawah naungan AÖF seperti Social Sciences, Home Economics, Office Management dan Public Relations. Di tahun 1996, ujian AÖF yang sebelumnya diadakan oleh OSYM, mulai diambil alih oleh Anadolu Üniversitesi secara langsung. Kemudian pada tahun 1998, era baru telah dimulai sejalan dengan perubahan kondisi teknologi dan diferensiasi kebutuhan pendidikan; dengan penggunaan teknologi komunikasi modern yang lebih intensif (terutama Internet) dan struktur yang membawa pendidikan bergerak jauh di luar fungsi klasiknya. Semua unit akademik, teknis, dan administrasi Anadolu Üniversitesi telah dibuat untuk berkontribusi secara efektif terhadap sistem Open Education. Saat ini, seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang kian maju, AÖF memiliki fasilitas pembelajaran yang sangat lengkap dan mumpuni, seperti e-book dalam bentuk PDF maupun EPUB, video pembelajaran interaktif, latihan soal, dan rangkuman-rangkuman soal ujian tahun-tahun sebelumnya.


Sumber: x.com/AOFAnadolum

        Melansir dari website https://www.anadolu.edu.tr/, saat ini terdapat lebih dari 1 juta mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di AÖF. Tak hanya mahasiswa yang berasal dari Turki saja, tapi juga mahasiswa internasional lainnya termasuk ke dalam angka tersebut. Saat ini, AÖF sudah menyediakan layanan pembelajaran ke 39 negara meliputi Asia Tengah, Amerika Utara (Kanada dan USA), Timur Tengah, dan Eropa —sayangnya, belum tersedia di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hal ini menjadikan Anadolu AÖF sebagai salah satu yang terbesar di Eropa, bahkan dunia.

        Ada hal menarik juga nih bagi kita para mahasiswa yang sedang kuliah di Turki dan ingin pulang dengan membawa dua gelar atau dual degree! Teman-teman bisa mendaftar melalui website https://ikinciuniversite.anadolu.edu.tr/ menggunakan akun e-devlet kalian. Pendaftarannya pun gratis dan sınavsız alias tanpa ujian. Program ikinci üniversite ini juga terdiri dari banyak jurusan seperti Ilmu Politik, Ekonomi, Hubungan Internasional, İlahiyat (Teologi), dan jurusan lainnya. Biaya semesterannya pun tergolong murah dengan rata-rata 1080TL —sekitar Rp612.ooo (kurs 11 Oktober 2023)— untuk berbagai jurusan dengan pengantar bahasa Turki. Sedangkan untuk program dengan pengantar berbahasa Inggris seperti jurusan Hubungan Internasional, Ilmu politik, Perdagangan Internasional, dan Ekonomi, biayanya meraup 2080TL —sekitar 1,178 juta rupiah (kurs 11 Oktober 2023). Untuk biaya Anadolu AÖF tahun 2023-2024 selengkapnya, kalian bisa cek melalui link berikut ini: https://www.anadolu.edu.tr/uploads/anadolu/files/aof_kilavuz/64e3039859540.pdf.

        Sejauh ini, terdapat 4 Universitas Terbuka di Turki yaitu Istanbul Üniversitesi (2011), Ankara Üniversitesi (2020), Atatürk Üniversitesi (2010), dan sang pelopor, Anadolu Üniversitesi (1982). Selain itu, Sakarya Üniversitesi juga sudah memberikan layanan pembelajaran jarak jauh (online), tapi belum menyediakan sistem Open Education.

        Bagaimana sobat Miko sekalian, menarik sekali bukan? Ternyata kesempatan kita belajar di Turki ini sangatlah luas, terlebih lagi dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Maka, jangan sia-siakan priviledge kita ya, sobat Miko! Semoga informasi kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di tour kampus berikutnya!


Referensi:

https://www.anadolu.edu.tr/en/about-anadolu-1/about-anadolu/anadolu-at-a-glance

https://www.anadolu.edu.tr/acikogretim

https://ikinciuniversite.anadolu.edu.tr/

https://www.anadolu.edu.tr/uploads/anadolu/files/aof_kilavuz/64e3039859540.pdf

History | Anadolu University

Açık öğretim - Vikipedi (wikipedia.org)



Penulis: Ahmad Syah Alfarisi
Editor: Baira Rahayu


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak